Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Anotasi di Cisco Packet Tracer

Hello World; Malam Fans, Please Say Hello Haters ;*
cielah yang dateng kek artikel ini karena SG Diary Depresi Config hayuk ngaceng- *eh* ngacuunng.
ketawan nih para Jomblo2 Pemaksiat Keyboard ^_^.
kali ini untuk Opening SG Diary Config , gua bakal posting yang ringan dulu *****ettttdeh ringan bukan berarti tidak bermanfaat ya bosss***
Tips kali ini sangat membantu anda para engineer, sys admin, Network infrastructure, dalam Mempercantik Desain Topologi anda di Cisco Packet Tracer dengan Anotasi.

intro:
Ketika kita membuat topologi jaringan pada aplikasi Cisco Packet Tracer, tentunya kita juga harus memberikan keterangan untuk memperjelas topologi yang kita buat. Misal, dalam sebuah jaringan komputer tentunya terdapat sistem pengalamatan IP yang digunakan oleh setiap perangkat jaringan khususnya end device, maka kita perlu untuk memberikan keterangan ip address pada topologi yang kita buat. Tidak hanya ip address namun juga subnetmask serta gateway jika diperlukan. Catatan yang digunakan untuk memberikan keterangan penjelas ini disebut dengan anotasi.
Jadi anotasi pada cisco packet tracer bisa kita artikan sebagai catatan yang dibuat untuk menerangkan atau memperjelas topologi yang dibuat.

 
Play with Me ,Baby ;*

Gua akan contohkan bagaimana membuat anotasi pada topologi Sederhana yang gua bangun. Lihat gambar di bawah ini :

Gambar di atas merupakan anotasi yang biasa gua buat untuk memperjelas topologi yang saya gunakan untuk simulasi jaringan. Mungkin Lu pada yang lain punya cara masing-masing dalam mebuat catatan tersebut. tapi yang jelas cara begituu dah jadul banget bro bro Gore!!

Tapi tahukah kalian bahwa kita bisa membuat catatan dalam bentuk yang keren di Cisco Packet Tracer ? Keren bagaimana yang dimaksud ? Misalkan Lu ingin membuat catatan tentang pengalamatan IP untuk topologi di atas, tapi Lu ingin membuatnya dalam bentuk tabel. Nah, Lu bisa membuat style untuk tabel yang akan Lu buat.

Untuk membuat tabel dengan style yang keren dan jantan Lu bisa memanfaatkan CSS. CSS untuk mendesain web ? Iya. Jadi Lu harus memahami setidaknya html dan css untuk membuat anotasi yang keren ini.

Langsung saja simak langkah-langkah berikut. Gua akan contohkan membuat anotasi tabel pengalamatan IP pada topologi di atas dengan menambahkan style css untuk memperindah tampilannya.

Pertama, silahkan buka aplikasi editor untuk coding seperti notepad++, sublime text, atau notepad biasa juga tidak apa-apa.

Kemudian buat tabel dengan sedikit style CSS. Di sinilah Lu dapat berkreasi untuk membuat style yang Lu inginkan.
Di Link berikut adalah contoh Coding yang dah gua buat:
Pastebin  |   Pastie<B/N>

Silahkan cek dahulu tampilannya melalui browser. Jika sudah sesuai, copy semua kode tersebut, kemudian pindah ke jendela cisco packet tracer. Klik icon Place Note pada sidebar, lalu pastekan kode yang sudah disalin tadi.

Maka tulisan yang sebelumnya berbentuk kode-kode html akan berubah menjadi sebuah tabel.


Topologi menjadi terlihat lebih rapi dan juga keren, silahkan Lu pada Berkreasi membuat anotasi yang indah agar topologi yang lu buat menjadi lebih bagus dalam Project Pembangunan Jaringan Lu.

<./Note> Sayangnya cara ini hanya dapat digunakan pada CPT versi 7.1 . Untuk versi 7.0 ke bawah belum bisa menggunakan cara ini. Kalau kamu ingin mengunduh CPT terbaru langsung saja download di situs resmi netacad atau bisa juga melalui link ini (Win 64bit).

Sekian Tutorial Receh pada artikel ini hehhee, semoga bermanfaat, dan bisa membantu kalian.
Hahaha ya begitu dah , sekian tutorial ringan kali ini. itung2 buat nambah wawasan dan santay2 ngopi sambil ngoprek ^_^

Mampir juga ke artikel di Blog ini yg setema dengan tutorial kali ini > Label artikel Cisco Packet Tracer

owh iya, Bila ada Link atau gambar pada Artikel Blog ini ada yang rusak/Mati, harap lapor disini 

Stay Cool and Keep ./Crotz , gaes <(")
bila ada kesalahan mohon di maafkan dan dibenarkan di kolom komentar kak.
bila ada kritik, dan pertanyaan langsung aja kak ke wall fanspage kami: TKJ CYBER ART
Nue cuma niat untuk Share Tutorial, yg bertujuan utk membantu para pemula kek Nue :')
Sekian dan semoga bermanfaat .. terimakasih


Thanks to [Refrensi]:
youtube.com/watch?v=uGv1IErLOFM&t=8s



Bidang IT tidak hanya soal programming dan networking. IT lebih dari sekedar itu. Jika Network infrastructure merupakan fokus kalian maka lakukan yang lebih dari sekedar "MEMBANGUN" Jaringan dengan memberikan Keamanan.




Visit and follow :

FP         : TKJ Cyber Art

G+         : TKJ Cyber Art
youtube : TKJ Cyber Art
BBM      : C0018D1A2
Line       : http://line.me/ti/p/%40hjl8740i

Posting Komentar untuk "Membuat Anotasi di Cisco Packet Tracer"