Sunday, 15 April 2018

Pengenalan dan Cara Mengatasi NAT 3 / NAT Strict Pada PlayStation dan Xbox


Hello World; Sore Fans, Please Say Hello Haters ;*
apa Kabs ? Lanjut Blogwalking Om, wkwkw xD
kali ini gua mao Share Tutorial yang meresahkan para Gamers setianya SONY (PlayStation) & Microsoft (Xbox), dan jika bagi kalian penikmat Wi-Fi Rumahan anda tidak usah repot2 minta teknisi Datang.
dan jika yang Baca Tutorial gua ini adalah Teknisi Gangguan dari Provider Wi-Fi Rumahan, semoga bisa membantu anda ya hahahah.

Di Artikel Pengenalan & Tutorial Cara Mengatasi NAT 3 / NAT Strict Pada PlayStation dan Xbox kali ini, Gua sebagai Penulis, sudah mencobanya di ONT milik Telkom dengan Layanan Indihome. (ONT ZTE F609 Dan FiberHome AN5506-04-F) .
bagi kalian para user Hotspot HP , Mobile Wi-Fi , dan Layanan Internet Rumahan milik Provider Lain(Fiber to The Home & Non Fiber), silahkan di coba.



Intro
Dalam hal gaming online, software game sudah pasti memerlukan komunikasi antar komputer/device satu sama lain. Alat komunikasi ini biasa disebut ‘Port’. Port ini yang menjadi penentu agar device masing2 player dapat berkomunikasi satu sama lain. Hal ini sangat krusial di game yang menggunakan peer to peer sebagai metode konektivitas multiplayer gaming. 

Apa Perbedaan NAT 2 Dan NAT 3?



PS4 akan membedakan tiga jenis NAT, mulai dari NAT 1, NAT 2 dan NAT 3. Jika ingin bermain PS4 online, NAT manakah yang lebih bagus?

Pendapat Gua pribadi semua NAT bagus jika digunakan sebatas update game atau firmware. akan tetapi beberapa fitur PS4 tidak akan bisa diakses jika kita mendapatkan NAT 3. Untuk lebih detailnya akan Gua jelaskan satu per satu.

NAT 1
Tipe ini akan kita dapatkan apabila langsung menghubungkan PS4 dengan kabel internet, misalkan sobat berlangganan indihome lalu mengkoneksikan PS4 dengan kabel LAN. Dengan NAT 1 sobat bisa melakukan update game, firmware, party chat dan tentunya akses internet akan lebih stabil karena langsung terkoneksi ke sumbernya.

NAT 2
Hampir sama seperti NAT 1, hanya saja beberapa game tidak bisa berjalan dengan NAT 2 dan harus restart modem beberapa kali agar bisa online. NAT 2 biasanya kita dapatkan jika menghubungkan PS4 melalui router atau mini wifi. Dengan NAT 2 kita bisa melakukan update game, firmware, party chat.

NAT 3
Tipe paling akhir dan banyak orang mengatakan NAT 3 tidak baik digunakan untuk online PS4, hanya saja walaupun demikian kita tidak perlu memaksakan diri agar mendapatkan NAT 2. Dengan NAT 3 kita masih bisa melakukan update game dan firmware, hanya saja untuk party sudah dipastikan sering gangguan namun masih ada kemungkinan bisa party dengan terus mencoba join party. Biasanya NAT 3 kita dapatkan apabila mengkoneksikan PS4 dengan hotspot hp dan perlu diketahui juga tidak semua hotspot via hp memberikan NAT 3. Saya sendiri sudah mencoba menggunakan kartu 3, indosat, telkomsel dan bisa mendapatkan NAT 2 dengan hotspot hp. Akan tetapi jika sobat menggunakan kartu xl sepertinya agak susah mendapatkan NAT 3 karena sudah saya coba beberapa kali memang tidak pernah tembus mendapatkan NAT 3 menggunakan kartu xl. Solusi dari masalah ini adalah mencoba semua kartu GSM dan mengkoneksikan ke PS4 sampai mendapatkan NAT 2.

Mengapa saya sering kena NAT Strict?


Karena server game/client (player lain) tidak dapat connect ke console anda secara penuh. Anggap saja console anda adalah Xbox 1, sedangkan console teman adalah Xbox 2.
Karena kebanyakan pengguna PS4 disini connect via router, most likely firewall router lah penyebab NAT Strict. Tapi memungkinkan juga memang ISP yang membuat connectivity anda limited (ex: ISP tsb menggunakan CGNAT).

Kok ada NAT 1, 2, 3 lalu ini ada lagi NAT Open, Moderate, Strict?

Jangan bingung, NAT 123 ini term by Sony. Open, Moderate, Strict ini adalah umum.

Jadi gimana caranya saya bisa tahu saya bisa connect lancar atau tidak?


Ada beberapa game yang punya NAT indicator, seperti For Honor, Ghost Recon Wildlands dan Call of Duty. Apabila game tersebut sudah mengatakan NAT Open/Moderate, tidak masalah. Tidak perlu terpaku NAT 1, 2, 3

Apakah artikel ini juga bisa diaplikasikan ke error party yang cannot chat with player X due to NAT type?
Benar.

Apakah artikel ini juga ada hubungannya dengan teman yang tidak bisa join game session?
Benar.

Let's Fight , Tutorial cara Mengatasinya :

1. ini adalah cara paling simpel / mudah di praktekan untuk orang awam.
- matikan PS4/Xbox , cabut LAN arah Modem/ONT/router yg di colok ke Device Game anda
- Restart Modem/ONT
- pastikan Kondisi Device Game msh kondisi Mati
- Saat Modem/ONT sudah normal dan Indikator Internet & Wi-Fi sudah menyala, sambungkan minimal 3 Device ke Wifi terlebih dahulu (Bebas: boleh HP, Laptop, atau PC)
- jika sudah 3 Device sudah tersambung, baru anda boleh colok Kabel Lan yang tadi anda cabut, dan nyalakan PS4/Xbox anda

(Note: ini cara Random yang bisa membantu anda, tapi jika cara ini gagal lanjut ke cara yang di bawah aja mas)

2. aktifkan Fasilitas UPNP Pada ONT.



- login ke Router/ONT/Modem anda, pastikan anda Login dengan status ADMIN
- pergi ke Application > UPNP > lalu Klik enable > Apply/Submit.
- Restart ONT dan Restart Device game anda

(Universal Plug and Play (UPnP) adalah suatu aturan protokol jaringan yang memungkinkan perangkat jaringan, seperti komputer pribadi, printer, Gateway Internet, Wi-Fi akses poin dan perangkat mobile agar mudah mengenali keberadaan satu dengan lainnya pada jaringan dan menmbangun layanan jaringan fungsional untuk berbagi data, komunikasi dan hiburan. UPnP ini ditujukan terutama untuk jaringan perumahan tanpa perangkat bertaraf perusahaan. )

3. Set IP Static sebagai DMZ Host



- Penulis sangat merekomendasikan setup DMZ di router. Cukup dengan set IP static misal 192.168.1.100 di modem anda sebagai DMZ Host. Lalu IP ini juga set sbg static (Manual) di PS4 anda. Secara otomatis, PS4 anda akan lebih ‘ter-expose’ ke internet. 
- Cara setup DMZ ini berbeda setiap modem. Jadi tidak bisa dijabarkan secara detail. Harus via bimbingan. Tapi secara garis besar:
- Ketahui dulu IP address komputer anda terhubung dengan IP apa. Biasanya 192.168.1.x. X ini adalah nomor yg digunakan di komputer anda. Lalu lihat bagian Gateway karena biasanya nomor inilah yg dipakai untuk modem. Gateway ini biasanya 192.168.1.1
- Login ke admin panel modem anda. 
- Untuk pelanggan indihome baru dengan router model baru, user pass nya biasanya adalah user:user. Untuk pelanggan lama dengan router model lama, admin:admin. Bila gagal, kemungkinan diganti. Bisa minta telpon saja ke 147 (tidak perlu datengin teknisi)
- Cari menu Applications/Networking
- Cari menu bertuliskan DMZ
- Aktifkan DMZ mode, pilih koneksi internet yg digunakan oleh modem supaya paket yg masuk langsung diforward ke IP address yg dimasukkan dibawah
- Masukkan IP address. Karena gateway contoh diatas adalah 192.168.1.1, maka kita set saja misal 192.168.1.100. Limitnya adalah 255.
- Bila sudah, simpan setting tsb.
- Di PS4, setup manual IP dengan address diatas yaitu 192.168.1.100. Setting lain (netmask, gateway, dns) bisa mengikuti yang di PC.
- Reboot modem dan PS4 (seharusnya tidak perlu) dan enjoy NAT open (bila berhasil. Bila tidak, kemungkinan memang dari ISP).

(**even cara diatas sudah applied, masih ada kemungkinan dapat NAT Moderate/Strict karena dari level ISP anda yang membatasi.**)

Jadi solusinya apa untuk pengguna internet tethering/mobile?

Karena koneksi mobile, saat ini belum ada solusi pasti kecuali bolak balik airplane mode/usaha dapet IP CGNAT yang baru. Solusi pastinya beralih ke internet rumahan seperti indihome/myrepublic/fastnet/dll.

Berdasarkan Pengalaman Pribadi gua menganalisa Gangguan seperti ini agar bisa bermain PS4 online dengan baik usahakan koneksi internet stabil kisaran 7 mbps, tidak perlu 10 mbps lebih karena percuma saja bandwidth besar tapi koneksi dan ping tidak stabil. Bagi yang menggunakan modem silakan maksimalkan daya modem untuk menangkap sinyal agar koneksi bisa lebih baik dan bagi yang masih menggunakan hotspot hp usahakan menaruh hp di tempat yang agak terbuka seperti jendela agar tangkapan sinyal lebih kuat.



Tapi katanya DMZ tidak aman? Lebih aman port forwarding?
DMZ itu aman bila anda tahu cara aplikasinya. Karena tidak ada aplikasi Windows yg berjalan di PS4 (mo jalanin apps PS4 pun harus memiliki compiler dan apps tsb harus signed by Sony) jadi DMZ ini aman untuk diterapkan di PS4, dan tidak ada malicious software yang bisa jalan di PS4 at the moment.
Bila anda memiliki PC gaming dan mempunyai problem yang sama, anda tetap boleh menggunakan PC anda sebagai DMZ host. Asalkan, firewall anda on dan antivirus anda on. Bila mati, justru benar berbahaya.
Port forwarding juga boleh, tapi penulis ogah untuk bother mencari port mana saja yang harus dibuka untuk game apa.
...lagipula, DMZ ini sama dengan port forwarding.


Apakah firmware update bisa menyebabkan NAT saya berubah?
Tidak.


Sekian Tutorial Receh pada artikel ini hehhee, semoga bermanfaat, dan bisa membantu kalian.
Hahaha ya begitu dah , sekian tutorial ringan kali ini. itung2 buat nambah wawasan dan santay2 ngopi sambil ngoprek ^_^

Untuk baca2 tentang artikel berlabel Fiber Optic Cable dan Fiber Optic Terminal bisa kalian klik disini


owh iya, Bila ada Link atau gambar pada Artikel Blog ini ada yang rusak/Mati, harap lapor disini

Stay Cool and Keep ./Crotz , gaes <(")
bila ada kesalahan mohon di maafkan dan dibenarkan di kolom komentar kak.
bila ada kritik, dan pertanyaan langsung aja kak ke wall fanspage kami: TKJ CYBER ART
Nue cuma niat untuk Share Tutorial, yg bertujuan utk membantu para pemula kek Nue :')
Sekian dan semoga bermanfaat .. terimakasih

Thanks to [Refrensi]: 
http://www.alphr.com/sony/1003386/ps4-how-to-change-nat-type
https://id-id.facebook.com/notes/playstation4-indonesia/nat-open-moderate-strict/1399369043514652/

./Nuenomaru


Jangan terburu buru, Karena Nilai Anggur Merah TERBAIK diUkur oleh Waktu. Jangan pernah permasalahkan USIA, usia bukan lah sebuah masalah, Kecuali kalo kamu itu KEJU.



Visit and follow :

FP         : TKJ Cyber Art

G+         : TKJ Cyber Art
youtube : TKJ Cyber Art
BBM      : C0018D1A2
Line       : http://line.me/ti/p/%40hjl8740i

1 comments


EmoticonEmoticon