Sunday, 30 April 2017

Jenis - Jenis ODP dan Pemasangan Perangkat ODP Jaringan Akses Fiber Optik

Hello World; Soree Fans, Please Say Hello Haters ;*
apa Kabs ? Lanjut Blogwalking Om, Mulai hari ini gua bakal lebih banyak mengulas Jaringan Kabel Fiber Optik.
semua yang bakal gua ulas di blog ini, ini berdasarkan Pengalaman Lapangan yang gua dapat yak, jadi maaf bila nantinya ada kesalahan di Teori ^_^
untuk Artikel kali ini Gua bakal Bahas Jenis - Jenis ODP dan Pemasangan Perangkat ODP Jaringan Akses Fiber Optik.

sebelumnya ODP terkenal banget ya ciri khas dari salah satu Provider di Indonesia yaitu Telkom Indonesia, perlu gua ingatkan ODP dan JoinBox itu berbeda jauh yoo om heheh.
kali yang baca artikel ini ada Teknisi dari ICON+ yang biasa setting JoinBox .

sebelum bahas ODP dan Akses Jaringan Fiber Optik, kita sedikit Mengenang Jaringan Lokal Akses Tembaga dulu yuk Milik Telkom.
sebelum Fiber Optik, yups provider Telkom memakai Jaringan berbasis TEMBAGA.
ya yang dulu sempet bergelut sama Jaringan ISP yang masih berbasis tembaga di Telkom pasti sangat familiar dengan TOPOLOGI ini:




Struktur Umum

MDF -> RK -> FP -> BF -> DP -> DW - Spliter - telpon dan Modem

MDF = Main Distribution Frame
MF = Main Feeder = Kabel primer
FP = Feeder point = Cross connect point = Rumah kabel
BF = Branch feeder = Kabel sekunder
DP = Distribution point
DW = Drop wire = kabel ke pelanggan
DC = Distribution cable

Foto Progress sebelum pemasangan DP ke tiang. di daerah Pondok Rangon wilayah STO Kranggan.
nah setelah Fiber Optik dah pegen2 muncul dan layanan 3 Play di telkom, baru deh terkenal dengan yang namanya MSAN (Multi Service Access Node atau Multi Service Access Network).
dan ketika dah menerapkan Topologi FTTH, telkom baru memasang perangkat OLT untuk menggantikan MDF, ODC untuk menggantikan RK & MSAN, ODP untuk menggantikan DP, dan DropCore untuk menggantikan DW.
walau kenyataaan di lapangan, perangkat2 tembaga masih banyak di gunakan.
tapi project Topologi FTTH akan merealisasikan Telkom 100% Fiber bersama Telkom Akses.

dan sekarang yang kali ini kita bakal bahas adalah Jenis2 ODP terlebih dahulu:


Bagi anda orang - orang yang belajar/bekerja di jaringan pasti sudah mengerti apa itu ODP, namun bila anda orang yang awam dengan jaringan pasti tidak mengetahui apa ODP itu. ODP adalah singkatan dari Optical Distribution Point yaitu sebuah perangkat yang berfungsi untuk melindungi kabel FO ( Fiber Optic ). Dan fungsi utama dari ODP adalah membagi satu core optic ke beberapa pelanggan.


Berikut ini jenis - jenis ODP yang pernah Gua jumpai ketika melakukan kegiatan Migrasi dalam rangka Proyek FTTH bersama Telkom Akses:

1. ODP Pole
Jenis ODP ini Biasanya diletakkan pada tiang Telkom, untuk di daerah ODP ini sudah ada hampir di seluruh tiang Telkom di Jalan sudah ada juga di beberapa komplek perumahan untuk bentuknya dapat dilihat pada gambar di bawah ini




2. ODP Closure
ODP Clousure hanya boleh dipasang pada kabel SCPT dan kabel SSW baik pada pertengahan gawang maupun di dekat Tiang. Jenis ODP ini juga sudah banyak di Jalan A. untuk bentuknya dapat dilihat dari gambar berikut



3. ODP Pedestal
ODP Pedestal ini biasanya dipasang pada permukaan tanah, ODP ini dapat dengan mudah kita temukan di area perkantoran atau perkomplekan.
untuk bentuknya dapat dilihat sebagai berikut



Biasanya ODP ini dilindungi oleh suatu tong yang berwarna hijau, bentuknya sih agak mirip dengan tong sampah. Untuk bagian dalamnya memiliki bentuk yang hampir sama dengan ODP Pole.


Pemasangan Perangkat ODP Jaringan Akses Fiber Optik

Pemasangan Perangkat Optical Distribution Point (ODP)

ODP dipasang harus sesuai dengan peruntukannya, ODP Pole hanya boleh dipasang pada tiang, ODP Pedestal dipasang pada permukaan tanah, ODP Wall dipasang pada dinding dan ODP Clousure hanya boleh dipasang pada kabel SCPT dan kabel SSW baik pada pertengahan gawang maupun di dekat Tiang.

Cara pemasangan ODP dengan cara memetik salah satu core dari  kabel distribusi secara urut. Kemudian core tersebut dimaskukan kedalam pasif, pasif yang biasa digunakan pada ODP yaitu pasif 1/8. Sehingga pasif tersebut di split menjadi delapan.


Contoh Terminasi Kabel pada ODP Tiang, Wall dan Pedestal.

Sekian dulu yak pembahasan tentang Jenis - Jenis ODP dan Pemasangan Perangkat ODP Jaringan Akses Fiber Optik TELKOM AKSES dengan saya Kuli kabel eXpert xD awkwakkwa.
hehehe minimal bisa berguna buat lu pade, atau bisa cuma di jadiin Refrensi aje, kali aja minat terjun ke jaringan Kabel Fiber Optik.

Untuk baca2 tentang artikel berlabel Fiber Optic Cable dan Fiber Optic Terminal bisa kalian klik disini

bila yang baca artikel gue ini ada yang berprofesi sebagai MOD, ARA/helpdesk , Teknisi FO divisi gangguan/Aktivasi/Pemeiharaan, EOS, NOC, Tolong dikoreksi lagi teori pada artikel gua akwkaw.
seperti yang gua bilang diatas: semua yang bakal gua ulas di blog ini, ini berdasarkan Pengalaman Lapangan yang gua dapat yak, jadi maaf bila nantinya ada kesalahan di Teori
^_^

Note: "jangan suka ngeluh kalo inet tiba2 Down, positif aja mungkin sedang terjadi Gangguan/Maintance, client memang Raja, tapi gangguan jaringan FO gak segampang lu bayar nyawa Teknisi."

Sekian yak hehehe, nanti bakal gua sempetin untuk bahas TOPOLOGI Jaringan Fiber Optik yang lagi trend di era sekarang, yang di pakai oleh perusahaan Internet Service Provider di Indonesia.

owh iya, Bila ada Link atau gambar pada Artikel Blog ini ada yang rusak/Mati, harap lapor disini

Stay Cool and Keep ./Crotz , gaes <(")

bila ada kesalahan mohon di maafkan dan dibenarkan di kolom komentar kak.
bila ada kritik, dan pertanyaan langsung aja kak ke wall fanspage kami: TKJ CYBER ART
Nue cuma niat untuk Share Tutorial, yg bertujuan utk membantu para pemula kek Nue :')
Sekian dan semoga bermanfaat .. terimakasih

./Nuenomaru


Sukses adalah Balas Dendam terbaik untuk orang2 yang memandang Lu Sebelah Mata






Visit and follow :

FP         : TKJ Cyber Art
G+         : TKJ Cyber Art
youtube : TKJ Cyber Art
BBM      : C0018D1A2
Line       : http://line.me/ti/p/%40hjl8740i


EmoticonEmoticon