Monday, 24 April 2017

FOT: Fiber Optic Terminal

Hello World; Pagii Fans, Please Say Hello Haters ;*
apa Kabs ? Lanjut Blogwalking Om, Mulai hari ini gua bakal lebih banyak mengulas Jaringan Kabel Fiber Optik.
semua yang bakal gua ulas di blog ini, ini berdasarkan Pengalaman Lapangan yang gua dapat yak, jadi maaf bila nantinya ada kesalahan di Teori ^_^

Sebelumnya gua dah bahas tentang Kabel Fiber Optik (FOC) , sekarang gua pengen Bahas pada sisi Perangkat Jaringan Kabel FO.
gua sih biasa bilang Fiber Optic Terminal (FOT) , ini adalah sisi Perangkat Jaringan yang ada pada kabel Fiber Optik.
berikut penjelasan tentang Perangkat Jaringan Fiber Optic Terminal:


RICI E1

Fungsi rici E1 adalah module converter yang mengubah dari signal E1 ke signal Ethernet atau sebaliknya. 1E1 = 2Mbps. Pada RICI E1 ada dua tipe port yaitu port untuk Ethernet dan port untuk E1. Susunan pin pada konektor RJ45 untuk port Ethernet yaitu Stright sedangkan susunan pin pada konektor RJ45 untuk port E1 yaitu 1,2,4,5.


Alasan 1E1 = 2Mbps yaitu mengacu kepada standarisasi eropa yang 1STM = 155Mbps yang setara dengan 77E1. Bila mengacu pada sandarisasi amerika yaitu 1E berkisar antara 1,88Mbps. Selain rici E1 ada pula versi lainnya dengan nama, fungsi, kelebihan dan kekurangan yang sedikit berbeda diantaranya Ric LC dan Rici Bundled.



PDH RAD OP34 dan OP108

PDH   (Plesiochronous   Digital   Hierarchy) secara sederhana  fungsi  PDH yaitu sebagai media konverter dari optical menjadi E1 dan sebaliknya. PDH menggunakan suatu   sistem multipleksing atau penggabungan beberapa sinyal untuk dikirimkan secara berbarengan pada satu transmisi dan kemudian sinyal yang telah digabung tersebut akan dipisahkan kembali pada sisi penerima sesuai dengan tujuan  masing-masing.



Macam – macam PDH yaitu diantaranya:
·         PDH Taylin
·         PDH CTC
·         PDH WRI
·         PDH Nokia
·         PDH RAD


Untuk saat ini PDH yang banyak digunakan adalah PDH RAD. PDH RAD terbagi menjadi dua tipe yaitu PDH RAD OP34 dan PDH RAD OP108. Perbedaan dari kedua tipe tersebut hanya pada kapasitasnya. PDH RAD OP34 memiliki kapasitas  16  E1  (catatan  :  1E1  =  2 Mbps) sedangkan untuk PDH RAD OP108 memiliki kapasitas 4 E1.



TELWAYS

Telways  yaitu  perangkat  yang  berfungsi  sebagai  media  konverter  dari  Optical menjadi Ethernet  dan  sebaliknya. Telways memiliki dua jenis yaitu Telways StandAlone  dan  Telways  Chasis. Telways  Chasis dapat terhubung  ke NMS  sehingga dapat termonitor sedangkan Telways Stand Alone tidak. Kabel UTP/ STP  yang digunakan biasanya menggunakan susunan Pin Stright.



Adapun untuk kapasitas yg dapat ditempuh media converter saat ini 10/100/1000 Mbps, untuk jarak mengconvertnya saat ini dari 30 km - 120 km. sedangkan untuk dijarak gigabit optic maupun ethernetnya sendiri mencapai 150 km. Saat ini untuk type dari media converter telways ada beberapa type yaitu : Fast Ethernet Singlecore, Fastethernet Multicore, Gigabit optic, Gigabit Ethernet walaupun banyak type ataupun jarak untuk media converter telways ini tetapi tetap menggunakan 1 media controling master pada pusat dan menggunakan monitoring system NMS ultravista yang dpt digunakan bermacam-macam type pada media converter telways.


CATALYST 

Catalyst merupakan hub atau penghubung interface yang fungsinya sebagai penerima dan pembagi bandwitch. Penulis hanya mengetahui 2seri catalyst yaitu seri 2960 dan seri 3750. Memiliki 24port yang memiliki 1port console. Catalyst 2960 biasanya dipergunakan untuk layanan IPVPN sedangkan Catalyst 3750 untuk layanan Metronet.



OLT (Optical Line Terminal) / GPON (Gigabit Passive Optical Network)
Optical Line Terminal (OLT) atau biasa disebut juga dengan Optical Line Termination adalah perangkat yang berfungsi sebagai titik akhir (end-point) dari layanan jaringan optik pasif. Perangkat ini mempunyai dua fungsi utama, antara lain:

1. Melakukan konversi antara sinyal listrik yang digunakan oleh penyedia layanan dan sinyal optik yang digunakan oleh jaringan optik pasif.
2. Mengkoordinasikan multiplexing pada perangkat lain di ujung jaringan, atau biasa disebut dengan Optical Network Terminal (ONT) atau Optical Network Unit (ONU).

OLT menyediakan interface antara sistem Passive Optical Network (PON) dengan penyedia layanan (service provider) data, video, maupun voice/telepon. Perangkat OLT meliputi:

- DCS (Digital Cross-connect), yang melayani nonswitched dan non-locally switched TDM trafik ke jaringan telepon.
- Voice Gateway, yang melayani locally switched TDM/voice trafik ke PSTN.
- IP Routers atau ATM Edge Switch, yang melayani trafik data.
- Video Network Device, yang melayani trafik video.

GPON

GPON merupakan teknologi FTTx yang dapat mengirimkan informasi sampai ke pelanggan menggunakan kabel optik. Prinsip kerja dari GPON itu sendiri ketika data atau sinyal dikirimkan dari OLT, maka ada bagian yang bernama splitter yang berfungsi untuk memungkinkan fiber optik tunggal dapat mengirim ke berbagai ONU, untuk ONU sendiri akan memberikan data-data dan sinyal yang diinginkan pelanggan. Pada prinsinya, PON adalah sistem point to multipoint, yang dimana menggunakan splitter sebagai pembagi jaringannya. Arsitektur sistem GPON berdasarkan pada TDM (Time Division Multiplexing) sehingga mendukung layanan T1, E1 dan DS3.





PATHCORED 

Pathcored adalah salah satu kabel fiber optik namun dengan fungsi penghubung langsung ke perangkat. Ukurannya yang kecil dan memiliki bermacam macam interface, seperi FC (bulat besar), SC (kotak besar), dan LC (kotak kecil).



RECTIFIER 

Rectifier adalah suatu alat komponen elektronika yang merubah arus listrik AC/Alternating current menjadi Arus Listrik DC/Direct Current. Rectifier ini sebenarnya adalah rangkaian dari beberapa dioda dan komponen lainya. Salah satu contoh aplikasi dari rectifier adalah catu daya. Beberpa merk rectifier diantaranya ada : Saft Nite, Power One, Emerson dan Harmer Simmons.



INVERTER 

Inverter adalah perangkat elektrik yang digunakan untuk mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak balik (AC). Inverter mengkonversi DC dari perangkat seperti batere, panel surya / solar cell menjadi AC. Macam macam merk inverter seperti : Power Matic dan Meta Power.



Foto beberapa Perangkat  Fiber Optic Terminal yang ada di Shelter (POP), jika berada pada suatu ruangan ini salah satu contohnya:



Sekian dulu yak pembahasan tentang FOT: Fiber Optic Terminal dengan saya Kuli kabel eXpert xD awkwakkwa.
hehehe minimal bisa berguna buat lu pade, atau bisa cuma di jadiin Refrensi aje, kali aja minat terjun ke jaringan Kabel Fiber Optik.

Untuk baca2 tentang artikel berlabel Fiber Optic Cable dan Fiber Optic Terminal bisa kalian klik disini

bila yang baca artikel gue ini ada yang berprofesi sebagai MOD, ARA/helpdesk , Teknisi FO divisi gangguan/Aktivasi/Pemeiharaan, EOS, NOC, Tolong dikoreksi lagi teori pada artikel gua akwkaw.
seperti yang gua bilang diatas: semua yang bakal gua ulas di blog ini, ini berdasarkan Pengalaman Lapangan yang gua dapat yak, jadi maaf bila nantinya ada kesalahan di Teori ^_^

Note: "jangan suka ngeluh kalo inet tiba2 Down, positif aja mungkin sedang terjadi Gangguan/Maintance, client memang Raja, tapi gangguan jaringan FO gak segampang lu bayar nyawa Teknisi."

Sekian yak hehehe, nanti bakal gua sempetin untuk bahas jaringan Fiber Optik yang lagi trend di era sekarang, yang di pakai oleh perusahaan Internet Service Provider di Indonesia.

owh iya, Bila ada Link atau gambar pada Artikel Blog ini ada yang rusak/Mati, harap lapor disini

Stay Cool and Keep ./Crotz , gaes <(")

bila ada kesalahan mohon di maafkan dan dibenarkan di kolom komentar kak.
bila ada kritik, dan pertanyaan langsung aja kak ke wall fanspage kami: TKJ CYBER ART
Nue cuma niat untuk Share Tutorial, yg bertujuan utk membantu para pemula kek Nue :')
Sekian dan semoga bermanfaat .. terimakasih

./Nuenomaru


di Dunia Konfig, menurut gua OSI Layer adalah Jantung dari sebuah Jaringan












Visit and follow :

FP         : TKJ Cyber Art
G+         : TKJ Cyber Art
youtube : TKJ Cyber Art
BBM      : C0018D1A2
Line       : http://line.me/ti/p/%40hjl8740i


EmoticonEmoticon