Saturday, 29 April 2017

Fiber Optic Service

Hello World; Soree Fans, Please Say Hello Haters ;*
apa Kabs ? Lanjut Blogwalking Om, Mulai hari ini gua bakal lebih banyak mengulas Jaringan Kabel Fiber Optik.
semua yang bakal gua ulas di blog ini, ini berdasarkan Pengalaman Lapangan yang gua dapat yak, jadi maaf bila nantinya ada kesalahan di Teori ^_^
untuk Artikel kali ini Gua bakal Bahas Alat2 Pendukung untuk Fiber Optic Service / Maintance Jaringan Kabel Fiber Optik.

Lanjut yuk kita bahas bagaimana sih alat2 Maintance Jaringan Kabel Fiber Optik, dan bagaimana Fungsinya satu persatu.


SPLICER

Alat sambung Serat Optik  dikenal dengan sebutan FUSION SPLICER yaitu suatu alat yang digunakan untuk menyambung core Serat Optik  yang berbasis kaca yang mengimplementasikan daya listrik yang sudah dirubah menjadi sebuah media sinar berbentuk sinar laser yang berfungsi memanasi kaca yang putus pada core sehingga terhubung kembali secara baik. Alat sambung splicer ini harus memiliki keakuratan tinggi sehingga pada saat penyambungan (splicing) bisa mendekati sempurna, karena proses terjadinya pengelasan media kaca terjadi proses peleburan kaca yang menghasilkan suatu media yang tersambung dengan utuh tanpa adanya celah karena memiliki karakter media yang memiliki senyawa yang sama.  Penyambungan bisa saja tidak utuh,  karena tidak mengikuti prosedur penyambungan yang benar. Bila hal ini terjadi maka proses penyambungan harus diulangi lagi, hingga mendekati redaman yg sekecil-kesilnya (dibawah 0.2 dB)



ada juga tool pendukung di Splicer yang berguna sebelum proses Penyambungan Core pada Splicer, Seperti:

1. Miller / Stripper



tool ini juga bagian dari pembantu sebelum Proses Join pada Splicer.
Miller / Stripper Berfungsi untuk Mengupas Kulit pada Core.

2. Cleaver


Cleaver tool ini Berfungsi untuk Memotong Core yang Kulit nya sudah di Kupas.
pemotongan Core wajib menggunakan Cleaver, karena serat kacanya akan lebih terpotong rapih Oleh Mata Pisau yang tajam pada Cleaver. jika proses pemotongan sudah dilakukan, langsung proses Jointing.

OPTICAL POWER METER (OPM)



Alat ini berfungsi untuk mengetahui daya dari signal cahaya yang masuk. OPM memiliki interface FC yang berhubungan dengan kabel pathcore FC. Adapun rumus yang di gunakan yaitu : 
(TX – RX =…dB dibagi jarak (Km) 

OPTICAL TIME DOMAIN REFLECTOMETER 



OTDR merupakan alat untuk mendeteksi kontinuitas suatu kabel Serat Optik  dalam jarak tertentu sehingga bisa menghasilkan jarak dari dua sisi yang merupakan ukuran gangguan yang terjadi sehingga trouble shooting dapat dilaksanakan dengan baik karena akan dengan mudah menentukan letak lokasi gangguan yang terjadi dengan referensi jarak hasil ukur dari perangkat alat ukur OTDR.
ada beberapa OTDR tipe lawas yang tidak bisa ngukur dan Realtime Core yang transmit.
OTDR biasanya digunakan untuk mendeteksi putusnya kabel, Kabel Crack, Bending, dan Putus Core yang belum di ketahui letaknya.

LIGHT SOURCE



Pada perinsipnya, alat service ini berfungsi untuk memberikan signal kepada jalur yang akan di laluinya. Seperti untuk mengukur redaman suatu jalur atau end to end dapat menggunakan light source (LS) sebagai pemberi signal dan OPM sebagai pengukur redamannya. Adapun unt mengetahui arah signal atau untuk mencari core yang eksisting diantara banyak core dapat menggunakan LS sebagai pemberi signal, dan OFI sebagai alat petunjuk arahnya.

OPTICAL FIBER IDENTIFIER




Seperti yang Gua jelaskan sebelumya, fungsi Optical Fiber Identifier (OFI) adalah untuk mengetahui arah signal dengan penunjuk arah dan besar daya yang di laluinya.

Visual Fault Locator



Alat ini sering disebut juga Laser fiber optic atau senter fiber optic. Fungsinya untuk melakukan pengetesan pada core fiber optic. Laser akan mengikuti serat Optik pada Kabel Fiber Optik dari POP Sampai Ke User (end to end) , bila core tidak bermasalah laser akan sampai pada titik tujuan.

BIT ERROR RATE TEST


Alat ini berfungsi sebagai pengecek koneksi jaringan TDM (Time Divisio Multipleksi) yang mana jaringan TDM aplikasinya yaitu layanan Clear Channel yang sedang coba di uraikan penulis. Secara spesifiknya BER TES untuk mengecek dan mengetahui TX atau RX yang error, melalui pengiriman paket dan lup.

SERVICE TERMINAL



Alat yang satu ini berfungsi sebagai pengecek software yang ada  di PDH NOKIA.


Garmin GPSMAP



Alat ini berfungsi sebagai petunjuk arah dan penanda Titik Kordinat.
Biasanya alat ini saya pakai di lapangan untuk menandakan titik korditan Join Box , tempat terjadinya Progress (putus Core, putus Kabel, Bending).
ini hanya alat pembantu saja untuk MenData Ulang , data2 Jalur core yang sudah tidak valid lagi. atau mendata History tempat gangguan, agar kalo terjadi gangguan di jalur yang sama kita bisa cek history gangguan yang sudah pernah terjadi sebelumnya di jalur tersebut.
tapi untuk di Era yang Modern ini, HP SmartPhone juga sudah mampu sebagai petunjuk arah dan Penanda Titik Kordinat.


ini adalah Foto saat Progress Gangguan FOC di POP Gambir. User memakai 2 core. indikasi Putus 1 Core.
gambaran kerja: Pertama core yang putus di Ukur, dan Core yang tembus (tidak putus) juga di ukur, agar tau jarak end to end nya (jarak dari POP Ke User)
lalu jika sudah, Core yang Putus di Realtime, Core yang tembus di VFL.


ini adalah Foto saat Progres Gangguan FOT di Gedung Cyber Lt 1 ruangan server APJII.
indikasi perangkat jaringan bermasalah, gambaran Progres: Konfigurasi perangkat dan ganti SFV.

Sekian dulu yak pembahasan tentang Fiber Optic Service dengan saya Kuli kabel eXpert xD awkwakkwa.
hehehe minimal bisa berguna buat lu pade, atau bisa cuma di jadiin Refrensi aje, kali aja minat terjun ke jaringan Kabel Fiber Optik.

Untuk baca2 tentang artikel berlabel Fiber Optic Cable dan Fiber Optic Terminal bisa kalian klik disini

bila yang baca artikel gue ini ada yang berprofesi sebagai MOD, ARA/helpdesk , Teknisi FO divisi gangguan/Aktivasi/Pemeiharaan, EOS, NOC, Tolong dikoreksi lagi teori pada artikel gua akwkaw.
seperti yang gua bilang diatas: semua yang bakal gua ulas di blog ini, ini berdasarkan Pengalaman Lapangan yang gua dapat yak, jadi maaf bila nantinya ada kesalahan di Teori ^_^

Note: "jangan suka ngeluh kalo inet tiba2 Down, positif aja mungkin sedang terjadi Gangguan/Maintance, client memang Raja, tapi gangguan jaringan FO gak segampang lu bayar nyawa Teknisi."

Sekian yak hehehe, nanti bakal gua sempetin untuk bahas jaringan Fiber Optik yang lagi trend di era sekarang, yang di pakai oleh perusahaan Internet Service Provider di Indonesia.

owh iya, Bila ada Link atau gambar pada Artikel Blog ini ada yang rusak/Mati, harap lapor disini

Stay Cool and Keep ./Crotz , gaes <(")

bila ada kesalahan mohon di maafkan dan dibenarkan di kolom komentar kak.
bila ada kritik, dan pertanyaan langsung aja kak ke wall fanspage kami: TKJ CYBER ART
Nue cuma niat untuk Share Tutorial, yg bertujuan utk membantu para pemula kek Nue :')
Sekian dan semoga bermanfaat .. terimakasih


./Nuenomaru


Kita bikin sejarah, bukan hanya barisan Kisah :)






Visit and follow :

FP         : TKJ Cyber Art
G+         : TKJ Cyber Art
youtube : TKJ Cyber Art
BBM      : C0018D1A2
Line       : http://line.me/ti/p/%40hjl8740i


EmoticonEmoticon