Tuesday, 16 July 2019

Short Story - Bukan Blackhat

Short Story - Bukan Blackhat | _Tuan2Fay_ - www.tkjcyberart.org

www.tkjcyberart.org | _Tuan2Fay_ - kali ini gw ga bikin tutorial ataupun materi edukasi lainnya, gw mau sharing aja, emng ga penting tapi gw cuma nulis apa yang gw ingin tulis.
cerita ini tentang pertemuan gw dengan seorang Blackhat pada masanya.


Teman dari Teman

Short Story - Bukan Blackhat | _Tuan2Fay_ - www.tkjcyberart.org

Singkat cerita gw punya temen satu tim dulu di Garuda Security Hacker ( ./SetupID ) yang sekarang jadi leader GSH awkwkw, gw kenal dia secara langsung karena sebuah acara seminar, di sela-sela coffee break saat seminar gw cerita ke dia tentang artikel-artikel yang gw baca di abaykan.com, lalu si leader GSH ini bilang "gw kenal sama itu si abay" ya selanjutnya cerita-cerita aja tentang dunia underground sambil minum kopi di warkop terdekat.

Lama ga ketemu setelah seminar leader GSH tersebut ngajak ngopi di basecampnya, yaudah gw dateng aja karena gw pengen ngerepotin tuh leader GSH, di saat perjalanan dari stasiun ke basecampnya, leader GSH tersebut bilang "kebetulan lo fay, si abay juga mau kesini" gw jawab "oh gtu? emang dia di jakarta?" spontan si leader menjawab pertanyaan gw "iya dia lagi di jakarta, kerja" makin penasaraan sama sosok orang yang akan nongkrong bareng ini gw tanya "kerja? emng umur berapa sih dia?" tanya gw, "masih muda, lebih muda dari lu juga, kan dia masih lulusan SMP" jawab si leader GSH.
Beberapa menit setelah gw datang, muncul lah sosok bocah yang di panggil abay, terus kenalan aja kek biasa orang nongkrong pada umumnya, cerita-cerita tentang dunia underground,comedy,sex dan terus berlanjut hingga dia pulang.


Kopi Hitam

Short Story - Bukan Blackhat | _Tuan2Fay_ - www.tkjcyberart.org

Setelah pertemuan pertama, gw dengan abay semakin akrab karena punya tujuan sama yaitu ngerepotin leader GSH , gw sama dia pun sering ngopi bareng di basecampnya leader GSH.
Lalu gw mulai soceng tentang background dia, akhirnya HEBOH! INILAH FAKTA MENGEJUTKAN PEMILIK BLOG ABAYKAN.COM, dia merupakan seorang Blackhat dengan codename BERANDAL , tapi dia mengklaim bahwa dirinya sudah berada pada jalur benteng (klo di catur jalannya lurus doang) dan menjadi seorang Bug Hunter.

Malam yang gerah, tubuh yang lelah, ku seruput kopi hitam sachetan yang di seduh sang tuan rumah, seperti biasa topik pembicaraan kami hanya tentang underground,comedy,sex , gw iseng nanya ke abay "bay lu knpa bisa di DO bay?" tanya gw ke abay, lalu abay menjawab dengan biasa aja "gw jadi kang bolos + puncaknya pas gw ketauan ngehek website sekolah sendiri, dipanggil BK trus dikasih pilihan, "Lanjut tapi ngga naik atau keluar" terus gw pilih keluar deh" mendengar jawaban itu dari abay gw berniat nyindir dengan bertanya "motivasi lu SMK tapi ga lulus apa bay?" dengan penuh percaya diri bercampur tengilnya si anjg menjawab "gw meyakini kalo sukses ga harus lewat sekolah, walaupun akhirnya ikut paket juga" , "asw lo, boleh juga nyali lu bay" kata gw ke dia, malam pun semakin larut dan dia tidur duluan di kursi, niatnya mau gw bugilin dia dan gw kirim ke grup2 show of tapi gw urungkan niat itu dan beranjak tidur.

Bug Hunter yang beruntung

Short Story - Bukan Blackhat | _Tuan2Fay_ - www.tkjcyberart.org

Cerita berlanjut pada event nongkrong berikutnya, tentang kenapa dia di Jakarta saat ini, ternyata sebuah keberuntungan (jatah beruntung lu selama 1tahun abis bay, buat ini doang) dia dapet bounty yang bisa dibilang sangat besar, yaitu panggilan magang di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang content digital/media online (gw gamau sebut brand ah, biar kek orang2), gw pengen sombong tapi salute sama bocah berusia 17tahun (sisanya) ini, cuma modal ijazah SMP (SMK tapi DO) bisa dapet kerja yang gaji nya lumayan buat BO 2minggu sekali.

Dengan congkaknya gw bertanya "kenapa lu bisa jadi heker?" dengan santai dia menjawab "gw sering baca tutorial lu (_Tuan2Fay_) dan blog TCA (www.tkjcyberart.org) gw juga ngefans ama Nuenomaru", dengan sombong bercampur pede gw bales jawaban dia dengan senyum sinis.


Pengalaman Orang lain

Ya setelah menjalin pertemanan dengan makhluk itu, gw mendapat contoh nyata tentang ijazah tidak selalu menjadi parameter untuk kita mendapatkan hidup layak.
Tetapi faktor keberuntungan juga sangat berpengaruh, karena banyak orang berbakat yang tidak beruntung. Lakukanlah apa yang anda inginkan baik buruknya anda yang menilai dan menerima resikonya.



Stay Cool and Keep ./Crotz , gaes <(")

bila ada kesalahan mohon di maafkan dan dibenarkan di kolom komentar kak.
bila ada kritik, dan pertanyaan langsung aja kak ke wall fanspage kami: TKJ CYBER ART
Sekian dan semoga bermanfaat .. terimakasih

_Tuan2Fay_ )

JKT48 - _Tuan2Fay_
Mereka itu berkarya, diam saja bila anda hanya bisa mencaci sambil tertawa.




Visit and follow :

FP         : TKJ Cyber Art

G+         : TKJ Cyber Art
Youtube : TKJ Cyber Art
BBM      : C0018D1A2
Line       : http://line.me/ti/p/%40hjl8740i
Read More

Wednesday, 10 July 2019

Belajar Perintah Linux Sambil Bermain CTF

www.tkjcyberart.org | _Tuan2Fay_

Hello World; Siang Fans, Please Say Hello Haters ;*
www.tkjcyberart.org - Anjay cringe kalo gw yang pake, itu emang khusus buat kakanda nue aja keknya, dah lama juga gw kaga ngeblog hampir 2thn keknya, karena gw yang udah lama vakum dari dunia perkntlan dan kepaitalisan yang menguasai hidup gw jd gw memutuskan untuk lulus dari JKT48 istirahat ngeblog karena gw agak males kalo bikin konten heking2an.

Artikel ini gw buat dengan niat mengedukasi, walaupun kontennya jg mungkin ga ngeedukasi sama sekali. Kita masuk ke mater, yaitu Belajar Perintah Linux Sambil Bermain CTF

OverTheWire - BanditCTF

www.tkjcyberart | _Tuan2Fay_ | Bandit - OverTheWire


Mungkin kalian juga dah banyak yang tau soal games yang satu ini, tapi bodo amat gw anggap kalian semua ga tau.

Games ini memberikan kita challange untuk mencari sebuah password sebagai flagnya untuk maju ke level yang lebih tinggi.

Nah flagnya itu terletak disebuah file dalam sebuah server yang di sediakan oleh overthewire.org servernya berbasis linux dan untuk mencari flag tersebut kita hanya perlu menggunakan perintah dasar Linux saja seperti (cd, ls, cat, find, du, dll)

Karena disini niat gw cuma ngasih tau bahwa ada games yang membuat kita Belajar Perintah Linux Sambil Bermain CTF jadi gw ga bakal ngasih contoh untuk pengerjaan soalnya. Mungkin lain kali kalo yang minatnya banyak (awkwkwkw), jadi silahkan langsung mainin aja dah.


Stay Cool and Keep ./Crotz , gaes <(")

bila ada kesalahan mohon di maafkan dan dibenarkan di kolom komentar kak.
bila ada kritik, dan pertanyaan langsung aja kak ke wall fanspage kami: TKJ CYBER ART
Nue cuma niat untuk Share Tutorial, yg bertujuan utk membantu para pemula kek Fay :')
Sekian dan semoga bermanfaat .. terimakasih

( _Tuan2Fay_ )

JKT48 - _Tuan2Fay_
Mereka itu berkarya, diam saja bila anda hanya bisa mencaci sambil tertawa.



Visit and follow :

FP         : TKJ Cyber Art

G+         : TKJ Cyber Art
youtube : TKJ Cyber Art
BBM      : C0018D1A2
Line       : http://line.me/ti/p/%40hjl8740i
Read More

Sunday, 28 April 2019

Perintah Service Terminal pada Modul Nokia DIU19S

Hello World; Maalaaam Fans, Please Say Hello Haters ;*
baru sempet ngeblog lagi, artikel kali ini bukan ditunjukan kepada pembaca umum / provider mainstream yang hanya Fokus pada layanan IP&MPLS.
artikel kali ini dipersempit ditunjukan untuk kalian para pengiat, engineer, atau yang sedang mendalami Telekomunikasi SCADA berbasis PDH, TDM, Nokia xD
waduh apa tuh ?? hehehe nue gak jelasin disini ya silahkan cari refrensinya ..


dalam artikel ini gua akan membahas Teknologi ini pada kasus salah satu perusahaan BUMN Yang memakai Layanan ini.
Salah satu service link PLN level 64 kbps adalah scada v24, yang diDeliver menggunakan modul NOKIA DIU19S. Berikut beberapa Perintah Service Terminal untuk modul DIU19S:

Read More

Monday, 10 September 2018

Tips Mengamankan Jaringan yang Menggunakan DHCP

Hello World; Maalaaam Fans, Please Say Hello Haters ;*
maaf minggu kemarin gak update xD *Sibuk gua* , mumpung besok tanggal Merah , baru sempet posting lagi ^_^ , kali ini gua bakal nyimpang dari Darah Cisco gua awkawk, kita mampir ke Teknologi sebelah yuk.
Kali ini Nue Bakal Share Tips Mengamankan Jaringan yang Menggunakan DHCP di Mikrotik .
Intro : Pada sebuah jaringan komputer biasanya menggunakan layanan dhcp untuk memberikan ip address kepada host-host client dalam jaringan tersebut. Penggunaan dhcp dimaksudkan agar user atau administrator tidak perlu melakukan setting pengalamatan jaringan pada komputer secara manual. Meski begitu, penggunaan dhcp pada jaringan juga memiliki beberapa kekurangan. 


Contoh, ketika ada sebuah host baru yang tidak dikenal pada jaringan, maka dhcp akan memberikan konfigurasi ip untuk host tersebut selama jatah ip address yang disediakan dhcp server masih ada. Hal seperti ini tentunya akan membuat host tersebut dapat terkoneksi dengan host lain pada jaringan tersebut. 


Penggunaan dhcp yang tidak dilengkapi dengan "keamanan" juga dapat membuat jaringan tersebut menjadi rentan. Bisa saja terdapat sebuah komputer yang menyamar menjadi dhcp server palsu untuk memberikan konfigurasi ip palsu kepada host. Situasi seperti ini dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengarahkan client agar menggunakan gateway lain, dan dalam situasi yang lebih buruk dapat mengakibatkan terjadinya pencurian informasi milik client atau hal buruk lainnya.


tujuan postingan kali ini akan berbagi tips mengamankan jaringan mikrotik yang menggunakan dhcp server agar tidak terdapat user ilegal maupun dhcp lain yang berusaha mengganggu stabilitas jaringan. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keamanan pada jaringan tersebut.


Read More

Sunday, 2 September 2018

Mengenal Route Summarization & Tutorial Menentukan Route Summarization

 
Hello World; Pagi Fans, Please Say Hello Haters ;*
Maaf tadi malem gak update, baru sempet Posting lagi gegara ada Amer yang kudu dihabiskan dengan sahabat2 dekat gue akwkwakwa.
kali ini Nue bakal Share Mengenal Route Summarization & Tutorial Menentukan Route Summarization .
INTRO :Pernahkah kalian mendengar istilah route summarization ? Biasanya istilah ini muncul ketika kalian mempelajari routing. Routing sendiri diperlukan untuk menghubungkan host-host yang terletak pada router yang berbeda. Bukan sebuah masalah jika network yang ingin kita hubungkan hanya satu atau dua. Namun bagaimana jika network yang ingin kita koneksikan ternyata berjumlah banyak ? Tentunya banyak pula routing yang harus  dilakukan. Dan mungkin saja kita merasa malas jika harus melakukan routing satu persatu.



Contoh Topologi dengan Banyak Network
Semakin banyak entry route yang ada pada tabel routing akan semakin menguras sumber daya router. Router akan menggunakan memory yang dimiliki untuk menyimpan daftar routing yang dimiliki. Maka dari itu, semakin banyak daftar routing dan tabel routing yang dikelola, semakin besar sumberdaya yang harus router kerahkan sehingga dapat membebani kinerja dari router tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan peringkasan entry route sehingga daftar routing menjadi lebih sedikit. Bagaimana cara meringkasnya ? Yakni dengan route summarization.Konsep dari route summarization adalah menggabungkan beberapa jaringan menjadi satu buah jaringan yang lebih besar atau disebut juga supernetting (kebalikan dari subnetting). Network yang telah disumarisasi/supernetting akan membuat proses routing menjadi lebih ringkas karena jumlah rute (route) yang tadinya ada banyak menjadi lebih sedikit.
gambar jaringan yang telah disumarisasi
Jadi dapat dikatakan bahwa route summarization adalah teknik untuk meringkas jalur routing dengan cara menggabungkan beberapa atau banyak network menjadi satu buah jaringan yang lebih besar.

Read More

Saturday, 25 August 2018

Mengenal Port Security & Konfigurasi Port Security pada Cisco

Hello World; Malam Fans, Please Say Hello Haters ;*
Selamat Sabtu Malam kawkwak, kok gak malam mingguan Bro ?! akwkwak xD
lanjut bae ah, gua mah boro2 Main Malam, mandi malem aja masih di omelin emak xD, lanjutin aktivitas yang pasti2 aja bro.
Karena artikel kemarin berhubungan dengan Keamanan Akses Remote Jarak Jauh pada Jaringan, kali ini Nue juga bakal Share lagi nih artikel tentang Keamanan Jaringan.
Yups kali ini Nue bakal Share Mengenal Port Security & Konfigurasi Port Security pada Cisco .
Read More

Wednesday, 22 August 2018

Konfigurasi Remote SSH dan Telnet Pada Cisco


Hello World; Malam Fans, Please Say Hello Haters ;*
gimane ? belum pade mati ke Gorok bendo nye pak haji kan tadi siang ?? syukur dah, akwkwak.
Tanggal Merah gini jari gatel kalo cuma diem doang, ya gua sempetin buat Posting aja dah hari ini kwkwk.
kali ini Nue bakal Share Fungsi dan Konfigurasi Remote SSH dan Telnet Pada Cisco .
btw dah banyak yang teriak2 dan Request ke Email & Komen di G+ gua, buat Share juga Tutorial2 artikel di Mikrotik, *ya iiniii nanti jadi bahan pertimbangan Gua yak '-' , soalnya aliran gua masih stay cisco '-' , mungkin nanti gua bakal buat artikel nye deh, Lu stay aja makannya di Mari wkwkw.

Read More